BTS Meal dan Dilema Ojol

MCDONALD'S (McD) meluncurkan promo menu khusus BTS Meal di seluruh gerainya di Indonesia mulai 9 Juni 2021. Ya, McD menggandeng boyband paling kondang asal Korea Selatan, Bangtan Boys atau BTS, untuk menggenjot penjualan makanan cepat sajinya. Para Army, sebutan untuk fans BTS, pun langsung menyerbu gerai-gerai McD. Di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia, BTS Meal sudah dirilis sekitar sebulan yang lalu. 

Antrean panjang terlihat di jalur drive-thru dan delivery order mulai pukul 11.00. BTS Meal memang hanya dilayani lewat kedua jalur tersebut dan tidak tersedia untuk layanan makan di tempat atau dine-in. Dari pantauan langsung di gerai McD Ngaliyan, Semarang, antrean kendaraan roda dua maupun roda empat mengular di jalur drive-thru. Sementara puluhan driver ojol rela mengantre di jalur delivery order demi melayani pesanan pelanggan melalui layanan GrabFood atau GoFood. Jaga jarak pun sulit diterapkan.

Ojol BTS Meal
Para driver ojol antre berjam-jam untuk menunggu pesanan BTS Meal di McDonald's Ngaliyan Semarang. (Foto: Asep Jitensha)

Karena panjangnya antrean, para driver ojol terpaksa menunggu selama berjam-jam. Padahal udara Semarang siang itu sangat panas dan mereka antre di bagian luar resto yang tentu saja tak berpendingin udara atau AC. Bahkan ada yang terkena sinar matahari langsung. Tak sedikit driver ojol yang mengeluh karena mereka tidak tahu kalau hari itu ada promo besar sehingga berisiko antre sangat lama. Mereka merasa rugi karena harus antre lama tapi ongkos kirim tetap sama seperti biasa.

Untunglah banyak pemesan yang baik hati. Menyadari para abang ojol antre panjang dan menunggu lama, mereka memberi tip yang cukup besar. Driver Grab bernama Ilham mengaku mendapat tip Rp 20.000. "Alhamdulillah. Mbaknya baik, ngasih tip Rp 20.000," ujarnya, setelah mengantarkan pesanan pelanggan di daerah Karonsih Selatan, sekitar dua kilometer dari gerai McD Ngaliyan. Dengan ongkos kirim hanya Rp 9.000 belum terpotong bagi hasil dengan pihak Grab, tip sebesar itu cukup lumayan sebagai pengganti lamanya menunggu.

Pulihkan Penurunan

McD yakin menu BTS Meal akan mendatangkan keuntungan berlipat. Apalagi, pengalaman-pengalaman sebelumnya membuktikan hal itu. Promo serupa yang menggandeng rapper Travis Scott dan J Balvin mendatangkan untung besar. Padahal ketenaran Scott dan Balvin tidak semoncer BTS. Menurut majalah Forbes, penggunaan para selebriti untuk mempromosikan produk McDonald's telah memberikan dampak sangat positif terhadap penjualan. Setidaknya McD mempromosikan satu makanan bermerek atau berlabel khusus setiap kuartal.

Dengan promo yang melibatkan selebriti, McD mampu memulihkan penurunan pendapatan terkait pandemi sebesar 4%, dan 24% dalam dua kuartal berturut-turut. Seperti halnya keberhasilan yang diraih melalui menu khusus Scott dan Balvin, BTS Meal diharapkan mampu meningkatkan pendapatan lebih banyak. Apalagi basis penggemar fanatik BTS lebih besar dibandingkan Scott dan Balvin.

Bila dibandingkan lewat followers di Twitter saja, BTS memiliki 34,5 juta followers, dibandingkan dengan Scott dan Balvin yang bila digabungkan cuma ada 20,1 juta followers. Melihat keberhasilan yang dilakukan di Amerika Serikat bukan tidak mungkin pendapatan besar menanti McD di Indonesia. Apalagi penggemar BTS di Indonesia luar biasa banyak.

Menu BTS Meal yang dipasarkan di McD Indonesia berisikan sembilan buah Chicken McNugget, French Fries Medium, Cola Medium, serta Cajun dan Chili Sauce. Untuk harganya, BTS Meal dibanderol mulai dari Rp 40 ribu - Rp 50 ribu sebelum PPn. Harga Rp 50 ribu kalau pesan di drive thru. Kalau pesan lewat online harganya biasanya dilebihkan karena ada biaya bagi hasil dengan operator pesan makanan online seperti GrabFood dan GoFood (Gojek).

Promo BTS Meal tak hanya diadakan sehari tapi rencananya akan digelar selama sebulan selama persedian masih ada. Tapi bisa saja kurun waktunya lebih pendek dari yang ditentukan apabila peminatnya membludak dan persediaan langsung habis. McD menargetkan setiap gerai resto rata-rata mampu menjual 100 paket BTS Meal setiap hari. (*)

Comments

  1. Thank you for making this great article! We really appreciate it. Borahae! 💜 from ARMY.

    ReplyDelete
  2. Keren marketing McD, memanfaatkan animo masyarakat Indonesia yang sangat bnyak penggemar Kpop, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tapi ternyata jadi masalah karena tidak bisa mengendalikan order via ojol sehingga menimbulkan kerumunan dan beberapa outlet terpaksa ditutup sementara.

      Delete
  3. Menimbulkan kerumunan dan akibatnya sejumlah gerai McD ditutup sementara dan dikenai denda puluhan juta rupiah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts